Translate

Sabtu, 27 September 2014

UTARAKAN PENDAPATMU LEWAT ENGLISH DEBATE



Dear sekar finger visitor semoga selalu mendapat kasih sayang dari-Nya ya
Amin. . . ^_^
Setelah mencoba beberapa kali posting sebelumnya tentang beberapa topik seperti kegiatan di sekolah, artikel tentang pengalaman pribadi, beberapa gambar hasil editan sendiri, dan yang terbaru pasti dear pembaca sudah tau kan ^_^ Sekarang sekar finger bakalan kembali akan berbagi pengalaman serta pengetahuan selama setahun ini di EDS SMANTISA.
Bagi yang sekolahnya sudah ada EDS ataupun sudah sering mengirimkan perwakilannya untuk ikut kompetisi debat, pasti tidak asing dengan istilah EDS atau English Debate Society. Saat ini seluruh SMA Negeri di Salatiga yang terakhir saya tahu telah mempunyai EDS masing-masing seperti SMAN 1 SALATIGA , SMAN 2 SALATIGA, dan SMAN 3 SALATIGA. Sekolah swasta pun tak ingin kalah dengan turut hadir meramaikan English Debate competition di Salatiga. Namun sayangnya berbeda dengan kota-kota lain di Jawa Tengah, di Salatiga sekolah kejuruan belum ada yang memiliki EDS. Berbeda dengan sekolah kejuruan di Semarang misalnya, telah ada peserta kompetisi bahkan banyak yang berasal dari sekolah kejuruan. Di Salatiga sendiri sekolah yang telah lebih dulu menjadikan english debate menjadi ekstrakulikuler adalah SMAN 1 SALATIGA. SMAN 3 Salatiga juga tahun ini mulai menjadikan English Debate sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Selain di tingkat SMA juga yang penulis tahu dari tingkat SMP juga sudah ada yang mempunyai EDS. Untuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi EDS juga ada di tingkat perguruan tinggi, namun mungkin akan sedikit terdapat perbedaan untuk jenjang ini karena tingkatan dari segi tema maupun skill mereka telah berada di high grade debate
                English debate bagi yang belum pernah mendengar atau pernah namun belum tahu secara jelas apa sebenarnya yang di lakukan sejenis klub intra sekolah ini. Dari segi istilah sendiri pasti sudah sangat kelihatan kalau english debate adalah debat yang menggunakan bahasa inggris .
Bagaimana caranya?
Untuk tekhnisnya adalah terdapat dua tim yang akan bertanding dibagi menjadi 2 tim dengan satu tim terdiri dari 3 orang dengan 1 orang menjadi pembicara 1 ( first speaker) , pembicara 2 (second speaker) , pembicara 3 (third speaker). Tim satu menjadi tim affirmative (govermant), dan tim yang lain menjadi tim negativ (opposite).
Mengapa seperti itu?
Karena english debate ini yang saya tahu dibagi menjadi 2 kubu atau dalam kompetisi disebut 2 tim berlawanan karena dikondisikan seperti debate di White House, US.
Apa yang di debatkan dalam EDS?
Dalam english debate ada yang namanya Motion yang akan menjadi topik yang akan di debatkan dalam kompetisi, biasanya motion memiliki heading atau tema yang akan di persempit lagi menjadi topik yang lebih spesifik dan detail. Biasanya topik berisi tentang berita terhangat atau topik yang hingga saat ini belum di ketahui jalan keluarnya pemecahannya. Maka dari itu peserta debat di harapkan memiliki pengetahuan yang luas baik nasional ataupun internasional supaya jalannya debat pun dapat lebih terarah .
Di postingan selanjutnya sekar finger bakal posting tentang motion
                Untuk menentukan tim affirmativ dan negativ sendiri akan dilakukan tosh coin sebelum kompetisi berlangsung.

Sekian postingan Sekar kali ini, mohon maaf kalau ada penjelasan yang kurang jelas ataupun tidak sesuai dengan yang sobat sekalian tahu. Semoga bermanfaat dan menambah info sobat sekalian ^_^


DITULIS OLEH: SEKAR AYU MAWARNI
27/09/14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar