Translate

Kamis, 14 Agustus 2014

MOP SMANTISA



Atribut aneh saat awal tahun ajaran baru, apalagi kalau bukan masa orientasi siswa. Namun berbeda kali ini karena seragam yang dikenakan siswa adalah seragam pramuka. Ya, ini bukan MOS melainkan MOP atau masa orientasi pramuka. Menandai awal pertemuan para bantara dan DA dengan tamu penggalang, juga menjadi ajang pengenalan pramuka sekolah dengan siswa baru. MOP SMA NEGERI 03 SALATIGA  2014 yang kali ini mengusung tema “Find Your Character With Scout” ini dibuka dengan upacara pembukaan di ruang bangsal atau aula sekolah karena saat itu bertepatan dengan bulan ramadhan.
Tepatnya pagi hari sekitar jam setengah 8, siswa kelas 10 yang saat itu masih berada di pinggiran lapangan segera di beri aba-aba untuk berkumpul di lapangan melaksanakan upacara pembukaan MOP untuk apel pagi. Pada hari pertama MOP sebagian besar kegiatan diisi oleh pemateri tentang pramuka SMANTISA. Di pandu oleh MC yang juga berasal dari anggota bantara dan DA sendiri membawakan jalannya acara dengan santai diselingi lelucon menjadikan acara tidak terkesan dingin atau formal, agar partisipannya yang tak lain adalah anak-anak kelas 10 yang umumnya acara formal membuat mereka bosan. Sewaktu istirahat peserta MOP juga diminta untuk mencari tanda tangan sebanyak-banyaknya dari DA maupun DK. Mendapatkannya pun tak mudah mereka harus memenuhi syarat-syarat yang terkadang aneh agar mau menuliskan tanda tangan di kertas mereka. Setelah itu kegiatan selalu diakhiri dengan ibadah dan kegiatan keagamaan

Hari kedua lebih santai karena acara intinya game outdoor dan yang kedua diisi dengan persiapan apresiasi seni. Berada di lapangan sekolah yang di bagi menjadi beberapa pos untuk game. Tekhnis game adalah dengan berpindah pos game tiap kali peluit di bunyikan, jadi setiap kelompok dapat merasakan semua pos game yang ada. Acara berlangsung seru karena tiap posnya melatih kekompakan masing-masing kelompok dengan anggota kelompoknya.
                Dihari terakhir menjadi penutupan mos sekaligus menjadi acara inti dan yang paling menyenangkan apalagi saat pentas seni. Masing-masing mengambil undian di hari sebelumnya untuk pentas apa yang nantinya harus mereka tampilkan. Yang paling menarik pada pentas seni tersebut adalah salah satu kelompok yang menampilkan tarian kolosal bertemakan Bali dan menjadi pertunjukan paling apik menurutku karena dikemas dengan begitu matang oleh kelompok itu. Maka tak salah jika kelompok itu juga menjadi pemenang dalam pentas seni tersebut. Setelah itu acara selesai dan ditutup dengan upacara penutupan. Kelas X bersorak gembira karena masa orientasi mereka berakhir sekaligus libur panjang ramadhan dan idul fitri dimulai.

berikut foto-fotonya ,harap maklum untuk masalah kamera burhubung keterbatasan alat ^_^






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar