Translate

Minggu, 31 Agustus 2014

Language make the world on your hand



Language make the world on your hand

Apa kabar visitor setia Sekar Finger ? ^_^
Pada bahasan kali ini bakal bahas tentang kelas bahasa yang observasinya secara langsung dan kontinu mengingat penulis pun juga student of language department. Jujur juga postingan kali ini juga menjadi media yang secara tidak langsung untuk promosi kelas bahasa.
                Dimulai dari peminatnya, sudah menjadi hal umum kalau kelas bahasa memang pada jangka waktu 3 tahun terakhir ini memang bisa dibilang sangat sedikit. Dibandingkan dengan peminat kelas bahasa yang terdahulu yang berjubel dan bahkan berebut untuk bisa mendapatkan kursi di kelas bahasa. Bahkan dari guru yang telah laa mengajar kelas bahasa pun mengatakan jumlah siswa kelas bahasa saat itu bisa mencapai 40 siswa. Bisa dibayangkan jika sekarang peminatnya menjadi kaum minoritas di sekolah. Apalagi kelas bahasa di tiap sekolah hanya tersedia 1 kelas.
                Untuk pelajaran yang ada pada kelas bahasa untuk kurikulum sebelumnya memang lebih sedikit daripada sekarang. Jika dahulu pelajaran untuk bahasa sangat ditekankan karena jam pelajaran seperti Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Conversation 6 jam dalam seminggu. Perbedaan pelajaran untuk kurikulum terbaru adalah adanya pelajaran Sastra Inggris atau Literature, dan pelajaran Conversation ditiadakan. Lebih lengkapnya mapelnya adalah sebagai berikut:
1.       Bahasa Indonesia
2.       Sastra Indonesia
3.       Bahasa Inggris
4.       Sastra Inggris
5.       Antropologi
6.       Sejarah
7.       Matematika
8.       Olahraga Materi
9.       Olahraga Praktek
10.   Ketrampilan

                   Dan yang terakhir akan dibahas adalah apa yang di dapat di kelas ini dan prospek masa depannya. Meskipun belum genap satu semester berada di kelas bahasa namun yang aku rasakan selama ini sangat menyenangkan karena seperti menemukan tempat seharusnya  ^_^Mempelajari bahasa akan sangat bermanfaat guna menuntun kita menggapai apa yang kita inginkan. Dengan bahasa kita bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyak nya dibanding orang yang tidak mempelajari bahasa. Bahasa tak lepas dari bagian vital dari manusia. Jika kita bisa menguasai bahasa akan tidak menutup kemungkinan kita bisa berkomunikasi dengan berbagai orang dengan taraf internasional dan menyerap ilmunya. Apalagi bagi yang memiliki hobi di bidang menulis, dan berbicara akan dapat lebih terasah lagi hobinya. Di kelas bahasa dituntut untuk menjadi pribadi yang tidak kaku dan mampu berbaur dengan mudah dimanapun kita berada. Jika bisa belajar dengan baik di jurusan bahasa memungkinkan untuk seseorang mudah diterima di berbagai macam masyarakakat, karena selain menitikberatkan pada pembelajaran bahasa. Kita juga mendapat bekal pelajaran antropologi yang pernah dibahas dipostingan sebelumnya. Apalagi jika memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni bisa menjadi bekal utama untuk mendapatkan pekerjaan yang bertaraf internasional. Untuk peluang kerja sendiri lulusan bahasa bisa ditentukan lebih lanjut di pendidikan selanjutnya peluangnya adalah ,sbb:
1.       Penulis
2.       Guru Bahasa
3.       Ahli bahasa
4.       Gaet
5.       Public speaker
6.       Translator



Sekian postingan blog kali ini semoga menambah informasi dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.


DITULIS OLEH : SEKAR AYU MAWARNI
26 AGUSTUS 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar