Translate

Selasa, 29 Juli 2014

NEVER ASK UNDERSTANDING IF YOU CANT UNDERSTANDING OTHER



NEVER ASK UNDERSTANDING IF YOU CANT UNDERSTANDING OTHER



Kali ini Sekar Finger bakalan bahas tentang realita sosial yang tanpa di sadari telah banyak terjadi. Berawal dari keprihatinan terhadap sikap orang yang saya juga pun termasuk ^_^     , banyak yang sering mengeluh akan kekurangan atau sikap teman, keluarga bahkan pacar yang menyebalkan. Seperti misalnya kebiasaan orangyang terkadang kalau bicara terlalu blak-blakan seperti rem blong, itu bisa jadi memang sudah faktor keturunan atau mendarah daging karena latar belakang budaya orang tersebut yang memang blak-blakan.
Namun taukah anda dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki orang menurut saya yang paling mahal atau penting dimiliki setiap orang adalah sikap pengertian. Mengapa pengertian? Karena dengan memiliki sifat tersebut seseorang akan lebih mudah untuk menerima kelebihan dan kekurangan orang lain. Saking langkanya sifat ini, bisa dilihat kejadian pertengkaran karena tidak adanya sikap pengertian dari dua pihak atau minimal satu pihak yang dapat mengakhiri pertengkaran itu.
Dengan bersikap pengertian seseorang akan cenderung tidak membeda-bedakan atau bahkan merendahkan seseorang yang lain. Karena orang yang pengertian bisa jadi memiliki prinsip bahwa segala makhluk yang ada di muka bumi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing karena kesempurnaan hanya milik Tuhan YME. Prinsip tersebut mungkin terlihat sederhana, namun tidak semua orang bisa menjalankan seutuhnya prinsip itu. Orang yang pengertian juga cenderung lebih suka mengintrospeksi dirinya sendiri ketimbang mencari-cari kesalahan orang lain. Karena seseorang dengan tipe ini dengan tingkatan yang lebih tinggi terkadang malah gelisah, bukan karena ketidaknyamanan yang diciptakan oleh orang lain namun karena gelisah dirinya tidak bisa menjadi apa yang orang lain minta. Mungkin sisi negatif dari orang yang pengertian salah satunya itu tadi, namun sisi positifnya tentu lebih dominan. Karena bersikap pengertian tidak hanya memberikan efek tenang pada pemiliknya dengan tidak suka mencari-cari kekurangan orang lain namun berusaha menerima apa adanya. Dan juga feedback orang lain yang menyukai orang berkepribadian seperti ini. Maka dampak secara kasat mata orang ini mempunyai banyak teman dan orang dekat karena orang lain nyaman dengan sikapnya yang menerima apa adanya dirinya.
Apalagi buat teman-teman yang masih single nihhh, jangan segan-segan memberikan kriteria pengertian bagi calon pendamping kalian nantinya.
Sikap pengertian yang tak mungkin jauh dari sikap penyabar ini terkadang disalah artikan oleh sebagian orang dengan istilah jawa “ngalahan” atau suka mengalah. Namun sekali lagi opini ini bisa dipatahkan karena memang dari awal saya membela orang dengan karakteristik pengertian yang saya pun ingin memilikinyaini. Ingat, mengalah bukan berarti kalah sikap pengertian ini bisa jadi menjelma sebagai sikap yang bisa dibilang heroik, karena dengan hadirnya sikap ini seseorang akan memberikan rasa nyaman terhadap orang lain dan lebih mudah diterima di masyarakat karena sikapnya yang tidak melebih-lebihkan atau sebaliknya merendahkan orang lain.
Dan demikian postingan kali ini semoga bermanfaat, dan quote sederhana yang saya ambil dari postingan kali ini
“JANGAN MEMINTA DIMENGERTI JIKA TIDAK BISA MENGERTI ORANG LAIN”
“HIDUPMU TIDAK AKAN PERNAH BAHAGIA JIKA KAMU TIDAK BISA MENGERTI DAN TERUS MENCARI-CARI TITIK KELEMAHAN ORANG LAIN LALU MEMBESAR-BESARKANNYA”




 pic by : sekar ayu m.


DITULIS OLEH : SEKAR AYU MAWARNI
JUM’AT 25 JULI 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar