Translate

Sabtu, 28 Juni 2014

ENGLISH IS FOR YOUR SELF




Bagi sebagian orang mata pelajaran bahasa inggris mungkin menjadi pelajaran yang sulit dan momok tidak tuntas saat ulangan. Faktor internal bisa jadi mempengaruhi mental bangsa yang enggan bahkan malas untuk mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Kurangnya kesadaran dalam diri tiap individu menjadi faktor internal yang mempengaruhi minat para siswa mempelajari bahasa asing. Padahal jika mengingat pentingnya bahasa asing bagi kehidupan disamping pentingnya bahasa persatuan bahasa Indonesia, bahasa asing dapat menjadi jembatan bagi kamu-kamu yang sangat ingin go internasional. Dan juga untuk persiapan kamu-kamu menghadapi globalisasi yang makin jauh saja perkembangannya, jika kamu masih malas untuk mempelajari Bahasa Inggris kamu akan tertinggal dengan teman-teman lain yang telah lebih dulu mempelajarinya bahkan bahayanya bangsa tercinta kita Bangsa Indonesia juga akan ikut tertinggal loo karena para rakyatnya malas belajar Bahasa Inggris. Belum lagi manfaat yang kita dapat dari mempelajari bahasa asing seperti bagi para tekhnisi komputer ataupun orang-orang di bidang lain yang perangkatnya menggunakan pengantar bahasa inggris. Namun terkadang untuk mempelajari Bahasa Inggris kita masih perlu paksaan, karena para siswa merasa susah dan menyerah begitu saja ketika melihat setumpuk paragraf dengan ratusan dan bahkan  ribuan kosa kata atau vocabulary yang mereka tidak di mengerti ataupun belum pernah sama sekali mendengarnya membuat para siswa semakin enggan belajar Bahasa Inggris karena pengemasan pelajarannya membosankan. Peran pemerintah juga turut mempunyai andil besar dalam meningkatkan kesadaran para siswa untuk mempelajari bahasa inggris. Langkah pemerintah dalam menghapuskan wajib Bahasa Inggris di tingkat SD pun menurut ku adalah langkah yang salah. Seharusnya justru di usia dini memulai mempelajari sesuatu akan sangat baik karena rasa keingintahuan anak yang masih besar dan kehausannya akan ilmu masih tinggi. Dapat dibandingkan ketika para siswa mempelajari bahasa inggris dimulai ketika SMP dengan di SD. Pasti akan jelas berbeda di SMP usia anak juga semakin sulit untuk mempelajari sesuatu yang benar-benar baru. Karena mengingat kalimat yang begitu bagus “Memberi pelajaran pada usia anak bagaikan mengukir di atas kayu” maksutnya ketika memberi pelajaran sejak dini, pada usia itu anak masih mudah untuk menyerap segala sesuatu dan akan sangat membekas padanya hingga besar nanti.
Wm.jpg
Dengan demikian kembali pada pentingnya English, berkaca pada negara tetangga kita seperti negeri Jiran Malaysia atau Singapura yang mengembangkan Bahasa Inggris. Bahkan hampir semua lapisan masyarakatnya dari mulai anak kecil sampai orang tua fasih berbahasa Inggris. Dampaknya dapat dilihat sekarang, mereka berkembang selangkah dari kita. Karena dengan mempelajari Bahasa Inggris mereka dapat dengan mudah berkomunikasi dengan dunia luar dan mengambil banyak manfaatnya. Ingat kita hanya selangkah tertinggal, jika mulai dari sekarang kalian mulai sadar dan mau berusaha mempelajari English. Kalian dapat menjadi andil dalam langkah mengejar perkembangan negara lain, dan bukan hanya itu kalian dapat mempeluar aringan dengan berteman dengan para bule. Tidak harus bertemu manfaatkan tekhnologi yang semakin cangih sekarang seperti social network, vidio call, dll. Dengan begitu kalian dapat bertukar informasi dengan mereka yang dapat menjadi pengetahuan bagi kamu yang tidak dimiliki oleh orang yang tidak belajar English dan memanfaatkannya dengan positiv. Pentingnya bahasa asing sering disalahartikan oleh sebagian orang yang menganggap itu sama dengan mengagung-agungkan bangsa luar. Mungkin mereka yang mengatakan bahwa mempelajari bahasa asing itu mengagungkan bangsa luar itu karena sikap psimis mereka dengan bahasa asing ataupun ketidaktauaan mereka akan manfaat belajar bahasa asing. Bisa dibayangkan jika mainset orang banyak seperti itu. Akan sangat bahaya, mengapa? Tentu saja bahaya bagaimana tidak, jika tidak ada yang belajar bahasa asing malah bisa jadi peristiwa penjajahan yang terjadi di masa lalu dengan bangsa kita terulang lagi. Karena dengan begitu sama saja kita menutup diri dari bangsa luar dan buta akan pengetahuan yang ada di luar sekeliling kita dan hanya mempelajari hal itu-itu saja dan tidak mau berkembang.

Nahh itu tadi sedikit ulasan tentang pentingnnya English atau bahasa asing, semoga dapat sedikit atau banyak membuka pikiran teman-teman untuk tidak lagi menunda-nunda mempelajari bahasa asing.

Artikel ini terinspirasi dari koran Suara Merdeka



DITULIS OLEH : SEKAR AYU M.
29 Juni 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar